Pamakai:Riemogerz/Tungkaran pamakai/kamus

Tumatan Wikipidia Banjar, kindai pangatahuan

Dibawah naya adalah daptas istilah nang paling rancak dipakai di Wikipidia, tamasuk singkatan nang rancak dipakai ulih pamakai (Wikipidiawan). Gasan patulungan lain, cuba itihi Patulungan:Isi wan Wikipidia:Takun jawab (FAQ)

A[babak | babak asal-mulanya]

Alih, Pengalihan
Perintah khusus untuk mengalihkan suatu artikel ke artikel lain yang sejenis apabila link artikel tersebut di klik.
Arsip
Halaman-halaman lama dari artikel diskusi yang dipotong sebagian dan disimpan dengan tujuan mengurangi panjang keseluruhan artikel aslinya.

B[babak | babak asal-mulanya]

Bak pasir, Kotak pasir
Bak pasir merupakan satu halaman yang boleh disunting sesuka hati. Tujuannya adalah supaya pengguna dapat mengasah teknik penanda wiki. Ahli Wikipedia juga boleh membuat kotak pasir sendiri di halaman pengguna masing-masing.
Birokrat
Seorang pengurus Wikipedia yang diberi kepercayaan untuk melantik pengguna menjadi sysop.
Blokir
Tindakan menolak suntingan seorang pengguna secara otomatis. Merupakan tindakan terakhir bagi pengguna yang membandel atas peringatan yang telah diberikan. Penyebabnya bisa saja akibat suntingan berat sebelah, vandalisme, menolak kerjasama dan tidak mengindahkan teguran, atau berlaku kurang sopan. Blokir bisa dikenakan kepada nama akun pengguna atau juga bisa kepada nomor IP.
Bot
Suatu akun yang disisipi program khusus untuk menyunting halaman Wikipedia secara otomatis atau semi otomatis, biasanya digunakan untuk tujuan interwiki atau penetapan jadwal.

C[babak | babak asal-mulanya]

Cermin
Halaman web selain Wikipedia yang menggunakan kandungan asal Wikipedia sebagai sebagian ataupun semua sumber untuk halaman web tersebut.
Checkuser
Salah satu jabatan pengurus

D[babak | babak asal-mulanya]

Developer, Pengembang
Seorang pengurus Wikipedia yang boleh mengubah secara langsung perisian dan pangkalan data Wikipedia.
Lihat m:Developer daftar developer dan untuk informasi lebih lanjut.

Disambiguasi

Proses menguraikan konflik yang terjadi apabila dua artikel yang berbeda ternyata memiliki nama artikel yang sama.

E[babak | babak asal-mulanya]

EtikaWiki
Etika Wikipedia tentang cara bekerjasama membina Wikipedia.

F[babak | babak asal-mulanya]

G[babak | babak asal-mulanya]

Gabung, Penggabungan
Menggabungkan isi dua artikel yang berhubungan, dan menyimpannya dalam satu artikel.
GFDL
Lisensi Dokumentasi Bebas GNU. Atikel-artikel Wikipedia tunduk di bawah lisensi ini.

H[babak | babak asal-mulanya]

Hak cipta
Lihat GFDL
Halaman
Seluruh topik, tulisan, diskusi, dan artikel di Wikipedia; yaitu isi suatu halaman web yang tidak termasuk menu di dalamnya. Halaman meliputi artikel biasa, artikel rintisan (stub), artikel alihan, halaman disambiguasi, halaman pengguna, halaman diskusi, dokumentasi, dan halaman istimewa.
Halaman buntu
Artikel yang tidak mempunyai pranala ke artikel lain, tidak termasuk pranala antar bahasa. Istimewa:Halaman buntu memberikan informasi artikel-artikel yang tergolong dalam jenis ini, walaupun tidak selalu up to date.
Halaman yang dilindungi
Halaman yang tidak boleh disunting selain oleh sysop. Biasanya, status ini tidak bersifat permanen hanya diambil jika terjadi perang sunting .
Halaman meta
Halaman yang menerangkan tentang Wikipedia. Nama yang lebih tepat ialah Wikipedia:Teks ruangnama MediaWiki. Halaman meta tidak merujuk kepada halaman di Meta-Wikimedia.
Halaman pembicaraan
Halaman yang dikhususkan untuk diskusi. Semua halaman di Wikipedia mempunyai halaman diskusi/pembicaraan. Klik tab 'diskusi untuk membuka halaman ini.
Halaman pengguna
Halaman untuk Wikipediawan. Biasanya digunakan untuk memperkenalkan diri dan sebagai catatan. Anda bisa menghubungi pengguna melalui halaman pembicaraan pengguna.
Halaman sembarang
Pranala halaman sembarang terdapat di sebelah kiri halaman kebanyakan. Pranala ini akan membuka salah satu artikel di wikipedia secara acak.

I[babak | babak asal-mulanya]

Interwiki
Pranala ke artikel yang sama di Wikipedia bahasa lain. Bisa termasuk di dalamnya dalam bahasa lain dalam Wikipedia, ataupun pranala ke projek lain seperti Meta, dan Wiktionary.

J[babak | babak asal-mulanya]

Jangkar
Kode HTML yang memungkinkan penulis artikel mengalihkan suatu artikel menuju kategori tertentu dari artikel tersebut. Ditulis dengan perintah #.

K[babak | babak asal-mulanya]

Kembalikan, Pengembalian, Revert
Tindakan mengembalikan suatu suntingan menjadi suntingan sebelumnya. Pengurus mempunyai keupayaan untuk melakukannya dengan lebih mudah.
Konflik penyuntingan
Dua atau lebih pihak coba untuk menyimpan suntingan yang berbeda pada masa yang sama untuk artikel yang sama, dan menyebabkan salah satu suntingan hilang.
Kotak navigasi
Navigasi untuk topik-topik terkait
Kotak info, Infobox
Sebuah kotak informasi yang diformat secara konsisten untuk beberapa artikel mengenai topik yang sama.
Kotak pengguna
Kotak pengguna merupakan templat kotak info yang diletakkan di halaman pengguna yang memberikan informasi mengenai diri seorang pengguna Wikipedia.
Kulit
Tema yang terpapar pada Istimewa:Preferensi. Beberapa pilihan antara lain: MySkin, Standard, Nostalgia, Cologne Blue, Monobook', dan "Vector.

L[babak | babak asal-mulanya]

M[babak | babak asal-mulanya]

Markah wiki
Cara kerjanya mirip kode HTML, namun lebih mudah dan praktis, contohnya '''tebal''' dan bukan <b>tebal</b> dengan hasil kata tebal. Kode-kode ini sudah menjadi bagian dari database wiki dan digunakan dalam kotak penyuntingan. Carian menggunakan penanda Wikipedia yang dilakukan di teks sumber, sementara hasil search Google hanya menampilkan teks yang telah teredit. Ukuran sesuatu halaman merupakan ukuran teks wiki.
Juga digunakan: teks wiki.
Lihat juga Wikipedia:Bagaimana menyunting halaman.
MediaWiki
Perangkat lunak Wikipedia dan projek Wikimedia lain, dan juga satu ruangnama.
Bandingkan dengan Wikimedia.
Meta
Satu wiki khusus (Wikimedia Meta-Wiki) yang digunakan untuk tujuan perbincangan mengenai Wikipedia dan projek Wikimedia lain. Pernah dpanggil Metapedia, Meta Wikipedia dan Meta Wikimedia.

N[babak | babak asal-mulanya]

NPOV
Sudut pandang netral (Neutral point of view), atau NPOV adalah kesepakatan antar pengguna wikipedia untuk menulis artikel secara objektif, salah satu tujuannya adalah agar tidak memihak. Ini adalah kebijakan Wikipedia.

O[babak | babak asal-mulanya]

P[babak | babak asal-mulanya]

Pranala internal
Suatu pranala ke halaman lain di Wikipedia atau projek Wikimedia lain menggunakan perintah dua kurungan bentuk kotak [[ dan ]]. Pautan ini biasanya berwarna biru jika halaman tersebut ada dan anda belum pernah membukanya, atau ungu jika anda pernah membukanya, atau merah jika halaman tersebut belum dibuat.
Lihat juga: interwiki dan m:interwiki link.
Pranala luar, Pranala eksternal
Pranala ke halaman yang bukan milik Wikimedia. Pranala bentuk ini biasanya mempunyai bentuk panah di akhirnya. Saat mengedit, pranala jenis ini menggunakan perintah satu tanda kurung kotak [ dan ].
Pranala rusak
Pranala ke satu halaman yang belum dibuat, dengan ciri berwarna merah. Tetapi hal ini juga bergantung kepada setting browser yang Anda miliki. Pranala ke halaman yang baru saja dibuat bisa pula masih berwarna merah. Biarkan saja untuk sesaat dan pranala tersebut akan kembali normal.
Pranala sendiri
Satu pautan wiki dalam artikel yang membawa pembaca ke artikel yang sedang dibaca. Pautan seperti ini akan dipaparkan sebagai teks tebal dan bukannya pautan.
Pengosongan halaman
Tindakan menyunting suatu halaman namun kemudian membiarkan isinya kosong dan menyimpannya. Pengguna baru sering melakukannya secara tidak sengaja. Namun jika dilakukan dengan sengaja dan berulang, hal tersebut bisa digolongkan vandalisme. Jika pengosongan dibuat kepada artikel baru yang tidak layak, hal tersebut tidak termasuk vandalisme, namun tidak disarankan. Cukup tambahkan tag {{hapus}}. Pengurus akan menyelesaikan untuk Anda.
Pengurus, Admin, Sysop
Pengurus merupakan seorang pengguna dengan keistimewaan teknis untuk membantu menyelesaikan masalah internal di server wikipedia.
Pengalihan ganda
Halaman pengalihan yang membawa pengguna ke halaman lain yang bukan halaman sebenarnya. Kasus ini perlu diperbaiki mengacu kepada artikel yang benar.
Perang suntingan
Bila dua atau lebih pihak berulangkali menyunting sesuatu artikel menurut pendapatnya sendiri, dan membuang isi yang tidak disukai tanpa ada perubahan mendasar.

Q[babak | babak asal-mulanya]

R[babak | babak asal-mulanya]

Ringkasan suntingan
Kandungan kotak "Ringkasan:" di bawah kotak suntingan pada halaman "sunting". Gunanya mempermudah pengecekan oleh pengurus terhadap tindakan edit yang dilakukan pengguna.
Rintisan, Stub
Satu artikel pendek yang biasanya mempunyai tidak lebih dari satu paragraf.
Lihat kategori ini untuk daftar artikel rintisan.
Lihat juga Wikipedia:Cari dan perbaiki stub.
Ruang nama
Salah satu teknik untuk mengklasifikasikan halaman. Wikipedia mempunyai 18 ruangnama untuk artikel ensiklopedia, halaman projek (Wikipedia:), halaman pengguna (Pengguna:), halaman istimewa (Istimewa:), halaman mediawiki (MediaWiki:), halaman pembicaraan (untuk diskusi artikel, halaman projek dan halaman pengguna) dan lain-lain.

S[babak | babak asal-mulanya]

Daftar pantauan
Daftar halaman yang dipilih pengguna, yang boleh dicapai di Istimewa:Daftar pantauan untuk melihat perubahan terkini pada halaman-halaman tersebut.
Lihat juga: m:Help:Watching pages.
Steward
Seorang Pengurus yang berkuasa menukar status mana-mana pengguna, termasuklah memberi atau menarik kuasa menjadi Pengurus dan Birokrat.
Suntingan bagian
Menggunakan pautan 'sunting' di sebelah kanan halaman, anda boleh menyunting satu bagian (tajuk) sahaja, supaya lebih mudah mencari perkara yang ingin disunting. Walau bagaimanapun, anda memerlukan Javascript untuk melakukan ini.

T[babak | babak asal-mulanya]

Templat
Satu cara untuk menambahkan kandungan suatu halaman ke halaman lain secara otomatis hanya dengan tag singkat. Biasanya digunakan untuk topik berkaitan, bantuan penjelajahan, atau mempermudah penyuntingan isi artikel yang berulang-ulang.
Terjemahan
Isi artikel dalam Bahasa Indonesia akan mempermudah pengguna lain memahami isi artikel. Adalah hal mubazir jika suatu artikel dalam bahasa asing dipindahkan begitu saja tanpa diterjemahkan. Akibatnya hal ini akan mengurangi kualitas artikel di wikipedia.
Namun bagaimanapun hal ini masih lebih baik daripada tidak ada artikel sama sekali. Karena itu dibutuhkan kerjasama seluruh pengguna untuk membantu mengurangi artikel-artikel jenis ini secara bertahap. Anda tidak perlu menghapusnya, cukup luangkan waktu sejenak untuk membantu menerjemahkan walaupun hanya satu kalimat.
Lihat kategori ini untuk daftar artikel yang memerlukan terjemahan.
Transwiki
Memindahkan sesuatu halaman ke wiki lain, seperti Wiktionary, Wikibooks dan Wikisource.
Lihat juga m:Transwiki.

U[babak | babak asal-mulanya]

Uji Google
Mencari bahasan atau topik di dalam suatu artikel dengan fasilitas searchGoogle untuk beberapa tujuan. Biasanya digunakan untuk mengecek pelanggaran hakcipta, memastikan istilah mana yang lebih popular digunakan masyarakat umum, memastikan keterkenalan seseorang (walaupun hal ini sudah ditegaskan tidak terlalu dipertimbangkan dalam notabilitas), atau memeriksa apakah suatu topik merupakan fakta ataukah fiksi.

V[babak | babak asal-mulanya]

Vandalisme
Perbuatan merusak halaman Wikipedia dengan sengaja. Ini termasuk pengosongan, menambah isi palsu, pranala iklan dan lain-lain. Silahkan laporkan vandalisme kepada pengguna lain lewat Warung Kopi, atau tambahkan templat {{hapus}} jika artikel tersebut adalah baru.
Versi terdahulu
Semua sejarah suntingan suatu artikel, dari awal hingga revisi terkini.

W[babak | babak asal-mulanya]

Wikibooks, WikiBuku
Projek keluarga Wikipedia untuk menghasilkan buku teks dan manual cuma-cuma.
Wikifikasi
Membuat suatu artikel agar memudahkan pembaca untuk mencari informasi yang berhubungan dengan topik-topik yang lain yang dibicarakan di artikel tersebut
Memformat menggunakan penanda wiki (berbanding penanda HTML atau teks biasa) dan menambahkan pautan dalam kepada teks artikel.
Wikimedia
Wikimedia Foundation Inc., satu pertubuhan bukan-mencari-untung yang memberikan bantuan undang-undang, kewangan, struktur serta perkakasan kepada Wikipedia dan projek lain sepertinya.
Bandingkan dengan MediaWiki.
Lihat juga Yayasan Wikimedia.
Wikipediawan, Wikiwan dan Wikiwati
Penyunting Wikipedia
Wikiquote, WikiKutipan
Projek keluarga Wikipedia untuk menghasilkan koleksi petikan cuma-cuma.
Wikisource, WikiSumber
Projek keluarga Wikipedia untuk menghasilkan koleksi teks sumber asal cuma-cuma.
Wiktionary, WikiKamus
Projek keluarga Wikipedia untuk menghasilkan kamus cuma-cuma dalam setiap bahasa.
WP
Singkatan untuk Wikipedia.

X[babak | babak asal-mulanya]

Y[babak | babak asal-mulanya]

Yatim
Halaman yang tidak mempunyai pautan dari halaman lain, tidak termasuk pautan antara bahasa. Istimewa:Halaman yatim dan Istimewa:Berkas tak terpakai. ada mendaftarkan halaman/gambar tersebut, namun ia jarang dikemaskini.

Z[babak | babak asal-mulanya]

?[babak | babak asal-mulanya]

en
/ id: / ms: / etc.
sebutan untuk masing-masing wikipedia Bahasa Inggris / Bahasa Indonesia / Bahasa Melayu / dan lain-lain. Selalu dipakai di ringkasan suntingan untuk menandai perubahan pada pranala interwiki. Untuk daftar lengkap kode-kode ini, silahkan lihat ISO 639. Untuk daftar penuh Wikipedia, lihat m:Complete list of language Wikipedias available.

Singkatan[babak | babak asal-mulanya]

Halaman ini memuat daftar singkatan yang sering digunakan di ringkasan suntingan. Beberapa notasi yang sering digunakan adalah:

  • + (tanda tambah) yang berarti "menambahkan", contoh: +kat berarti "menambahkan kategori".
  • - (tanda kurang) yang berarti "menghapus", contoh: -kat berarti "menghapus kategori".
  • ~ (tanda gelombang) yang berarti "mengganti", contoh: ~kat berarti "mengganti kategori".
Daftar singkatan yang umum digunakan
Topik Singkatan Keterangan
penambahan +, add, tambah, tambahkan Menambahkan sesuatu
kapitalisasi lc, lcase, uc, ucase, huruf besar, huruf kecil, kapitalisasi Memperbaiki penggunaan huruf besar/huruf kecil
kategori +kat, -kat, ~kat Menambah, menghapus atau mengganti kategori
komentar komentar Menambahkan komentar
copyedit copyedit, cpyed Copy edit
Membuat artikel baru baru, rintisan Pembuatan artikel baru
disambiguasi dab, disambig Menambahkan atau memperbaiki disambiguasi
pranala luar +pranala luar, -pranala luar, ~pranala luar Menambahkan, menghapus atau mengganti pranala luar
Format fmt, frmt, Memperbaiki format artikel
pranala internal (wikilink) wikilink Menambahkan pranala internal wiki
Pengembalian revisi rv, revert, kembalikan Mengembalikan ke revisi sebelumnya
wikify wikify, wiki, wfy, wky, wkfy Wikifisasi dengan menggunakan format Wiki.
interwiki +iw, -iw, ~iw Menambahkan, menghapus atau mengganti interwiki.
merapikan sesuai standard artikel Wikipedia std Merupakan gabungan dari merapikan, menambahkan templat stub, interwiki, kategori, merapikan tata letak dsb sesuai dengan standar artikel di Wikipedia
Kotakinfo (Infobox) +KI Menambahkan Kotakinfo (Infobox)
Templat
Ringkasan suntingan untuk penambahan dan penghapusan templat menurut kesepakatan/kebiasaan di Wikipedia adalah dengan mencantumkan nama templatnya. Untuk kegiatan penambahan templat, biasanya tidak perlu mencantumkan tanda tambah (+) lagi. Contoh: "{{stub}}" yang berarti menambahkan templat "{{stub}}", "-{{stub}}" yang berarti menghapusnya, "{{rapikan}}" yang berarti menambahkan templat "{{rapikan}}" dan "-{{rapikan}}" yang berarti menghapusnya.
Proyek

Beberapa singkatan yang mengacu kepada proyek-proyek Wikimedia

  • WB: Wikibooks
  • WQ: Wikiquote
  • WS: Wikisource
  • WIKT: Wiktionary