Bancir: Pabidaan ralatan

Tumatan Wikipidia Banjar, kindai pangatahuan
Konten dihapus Konten ditambahkan
Alamnirvana (pandir | sumbangan)
s Created page with ''''Bancir'''/'''Hermafrodit''' secara biologis adalah individu yang memiliki 2 alat/organ kelamin yaitu jantan dan betina. '''Hermafroditisme'''...'
(Kadada bida)

Ralatan matan 8 Mai 2010 23.45

Bancir/Hermafrodit secara biologis adalah individu yang memiliki 2 alat/organ kelamin yaitu jantan dan betina. Hermafroditisme, gejalanya, tidak terlalu luas dikenal dalam kerajaan hewan (Animalia) tetapi sangat umum dalam tumbuhan (Plantae). Gastropoda yang hidup di daratan (misalnya siput dan siput bugil) adalah contoh klasik hermafroditisme di dunia hewan. Spesies tumbuhan hermafrodit adalah semua yang memiliki kemungkinan melakukan penyerbukan sendiri (self pollination). Mereka adalah tumbuhan dengan bunga sempurna (bunga yang memiliki organ kelamin jantan, yaitu benang sari, dan betina, yaitu putik) atau dengan bunga jantan dan betina pada satu individu. Meskipun demikian, sejumlah spesies tumbuhan mengembangkan sistem tertentu (inkompatibilitas sendiri) untuk mencegah terjadinya pembuahan sendiri (self-fertilisation).

Pada manusia, hermafroditisme biologis sering dikacaukan oleh awam dengan gejala sosial transgenderisme. Seorang hermafrodit memiliki dua alat kelamin (penis dan vagina). Gejala ini dapat dikoreksi melalui operasi dan terapi hormon serta psikologi. Seorang transgender adalah individu dengan fisik yang bertentangan dengan peran gender yang dijalaninya. Waria adalah contoh dari transgender. Transgenderisme adalah isu yang terkait dengan gerakan LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender).

Lihat pula